Jadi miliarder tanpa keahlian khusus ? Ini caranya


Banyak orang berpikir untuk menjadi seorang miliarder perlu membuat terobosan yang cukup besar seperti menjual perusahaan mirip yang dilakukan oleh beberapa miliarder asal Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Maka tak heran  menjadi seorang miliarder hanyalah sebuah mimpi.
Namun sebenarnya, tanpa harus melakukan hal seperti yang dilakukan oleh orang-orang di Silicon Valley pun Anda bisa menjadi seorang miliarder. Anda bisa mendapatkan dana US$ 1 juta tanpa keahlian khusus, pengetahuan maupun keberuntungan. Anda hanya perlu mengikuti nasihat investasi dasar.
Mengutip dailyfinance.com, Selasa (7/4/2015), Anda bisa menjadi seorang miliarder hanya dengan berpenghasilan US$ 40 ribu per tahun atau Rp 520 juta per tahun (estimasi kurs Rp 13.000 per dolar AS). Dengan penghasilan sebesar itu, Anda bisa mendapatkan dana US$ 1 juta atau Rp 13 miliar. Cara yang bisa Anda lakukan hanyalah berinvestasi kepada saham-saham blue chip atau saham-saham pilihan tapi tidak perlu mengelola sendiri.
Berikut cara kerjanya:
Cara berinvestasi mirip miliarder
Katakanlah pada usia 25 tahun, Anda berpenghasilan Rp 520 juta per tahun atau Rp 43 juta per bulan. Sisihkan sekitar RP 7,8 juta atau sekitar 18 persen dari penghasilan Anda untuk berinvestasi dalam reksa dana. Di sana dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah menguasai bidangnya.
Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang sulit dengan bermain saham sendiri dan membagi-bagi dana Anda ke saham-saham pilihan. Untuk mengetahui bagaimana dana investasi, Anda cukup melihat indeks saham karena peningkatan imbal hasil reksa dana biasanya seirama dengan indeks saham.
Jika diasumsikan uang Anda tumbuh 7 persen per tahun, yang merupakan pertumbuhan secara konservatif, maka Anda telah mendapatkan imbal hasil yang cukup besar.
Terus berinvestasi
Terus menginvestasikan 18 persen dari penghasilan Anda tanpa putus. Jangan pernah menariknya dan biarkan tetap dana Anda berputar di pasar. Jika dihitung secara kasar, setelah 34 tahun kemudian maka dana yang disimpan rutin setiap bulan berikut imbal hasilnya bisa mencapai US$ 1 juta atau Rp 13 miliar.
Maka jika Anda mulai berinvestasi di usia 25 tahun maka di usia 60, Anda akan menjadi seorang miliarder. Dana tersebut cukup untuk membiayai Anda dan juga anak Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ads by google