Langkah merencanakan keuangan

Tiga langkah dalam rencana keuangan:
1. Pahami posisi keuangan Anda
2. Kenali dan prioritaskan tujuan-tujuan Anda
3. Rancang rencana keuangan anda sedetail mungkin

Walaupun sepertinya sulit tapi Lakukan saja, lama-lama akan terasa mudah dan terbiasa

Rencana keuangan sebaiknya mewarnai keseharian Anda. Biasakan diri agar tiap hari, saat berpikir dan bertindak, bujet dan keputusan bijak seputar tabungan dan investasi ada di dalamnya. Bukan kebiasaan buruk kok, jadi kenapa tidak Anda latih saja mulai sekarang? Toh makin sering berlatih, terasa makin gampang. Justru mungkin Anda malah tertarik mendalaminya.

Langkah Pertama
Nah, kalau sudah mantap mau merencanakan keuangan, saatnya Anda benar-benar melakukannya.

1. Tujuan Keuangan
Buatlah daftar, dan bagi jadi 2 kolom. Isi kolom pertama dengan segala tujuan jangka pendek, isi kolom kedua dengan segala tujuan jangka panjang.

2. Prioritas
Tandai tujuan-tujuan keuangan yang PALING PENTING buat Anda saat ini.

3. Tindakan Konkret
Buatlah daftar baru, tuliskan apa saja langkah konkret yang Anda bisa lakukan demi mencapai tujuan-tujuan paling penting (yang Anda tandai di langkah ke-2). Misalnya: menabung, beli asuransi, berinvestasi, dll.

4. Bujet
Bikin bujet berdasarkan langkah nomor 3.

Jika sudah, Selamat, Anda baru saja selesai menggambar posisi keuangan Anda.

Coba lirik lagi semua daftar dan bujet yang baru Anda bikin itu. Ada komitmen keuangan, ada tujuan-tujuan, ada PR yang harus Anda kerjakan, juga pilihan-pilihan untuk mengembangkan kekayaan sekaligus melindunginya

Dan Proses pun Berlanjut…
Sampai sini tugas Anda belum selesai lho. Rencana keuangan tidak berhenti dengan membuat daftar dan bujet sekali saja. Anda perlu mengulang keempat langkah di atas sesering mungkin sepanjang hidup. Lebih dini jelas lebih baik!

Tapi, tanamkan juga dalam benak bahwa yang Anda lakukan sekarang belum terlambat. Dengan membaca artikel ini saja, Anda layak mendapat jempol. Dan lebih bagus lagi kalau Anda berhenti membaca sebentar.

Segera Ambil kertas dan pensil, dan bikin daftar tujuan keuangan dan bujet. Supaya Anda tahu di mana posisi keuangan Anda, dan supaya uang tidak membuat migren Anda selalu kumat :-D

Previous
Next Post »
0 Komentar

Ads by google