Tips agar bebas utang seumur hidup

Lilitan utang seringkali membuat Anda sulit mengatur keuangan pribadi. Kebiasaan belanja berlebihan bisa jadi menjadi salah satu penyebab Anda terjerat utang dan akan sulit untuk keluar dari lilitannya.

Jangan khawatir, Anda masih bisa terlepas dari jeratan utang bahkan untuk seumur hidup. Pertama, tentu saja Anda harus mengetahui penyebab Anda menimbun utang.

Setelah itu, Anda juga bisa menambah pemasukan agar tak kekurangan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berikut empat cara ampuh bebas utang seumur hidup seperti dikutip dari Boldsky.com, Sabtu (1/11/2014):

1. Jangan pakai kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu penyebab Anda sangat boros. Tindakan mengeluarkan uang secara berlebihan justru hanya menambah tumpukan utang Anda.

Mulai dari sekarang, buang seluruh kartu kredit Anda dan mulailah membeli dengan uang tunai. Jika Anda tak punya uang, berhenti belanja.

2. Cari penghasilan lebih

Bekerja keras agar Anda dapat mendapatkan uang lebih banyak. Pastikan Anda memiliki lebih banyak kartu debit dibandingkan kredit.

Cara ini dapat membuat Anda lebih senang menabung dibandingkan berfoya-foya. Jadi jangan sembarangan mengeluarkan uang.

3. Lunasi tagihan setiap punya uang

Dahulukan Anda melunasi seluruh tagihan yang datang setiap kali Anda punya uang. Pastikan juga Anda tidak menambah utang setiap bulan.

Mulailah membayar tagihan dengan jumlah terendah hingga yang tertinggi. Perlahan-lahan, Anda akan keluar dari jeratan utang.

4. Berkomitmen dengan diri sendiri

Buat komitmen dengan diri sendiri untuk mulai membayar setiap utang. Berjanji pada diri sendiri untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Ubah gaya hidup agar Anda bisa memiliki kebebasan menggunakan uang tanpa utang.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Ads by google