Tips hemat untuk suami istri

Sebagai pasangan suami istri, Anda tentu mempunyai rencana besar bersama. Seperti liburan, rumah baru, atau menunggu kelahiran anak.

Mencoba mengumpulkan uang dan berhemat tidak mudah. Apalagi dengan keluarnya biaya-biaya tidak terduga. Bagaimana pun, ada beberapa cara sederhana dalam menghemat yang bisa Anda praktekkan dalam mencapai target finansial.

Dilansir dari lifehack.org, Selasa (24/3/2015), berikut ini merupakan 10 cara Anda dan pasangan bisa memulai mengatur pengeluaran.

1. Pergi berdua dengan budget minim

Makan di restoran mewah atau konser memang ide kencan yang menakjubkan, namun kalau terlalu sering dilakukan Anda bisa bermasalah dengan keuangan. Coba rencanakan dinner di rumah atau sekedar nonton bioskop di mal terdekat. Bisa juga menonton band di event-event gratis, bahkan hiking pun bisa jadi menyenangkan.

2. Saat bangun rumah baru, beli barang yang sudah terpakai

Coba pintar-pintar memilih barang tidak terpakai di toko barang bekas. Akan ada banyak barang yang walau bekas, kualitasnya masih baik dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Jangan berlangganan yang tidak perlu

Sebaiknya jangan berlangganan majalah kalau Anda tidak betul-betul rutin membacanya, jangan juga langganan TV kabel apabila Anda lebih sering menonton acara televisi.

4. Pintar-pintar dalam berbelanja

Belanja bulanan memang faktor habisnya uang. Prioritaskan membeli kebutuhan dasar, sebelum berbelanja, buat daftar dengan dipikirkan masak-masak untuk meminalisir membeli barang yang tidak perlu.

5. Berlibur murah

Saat berlibur, cari penginapan sederhana dan beli makanan murah. Inti dari travelling itu pengalaman, bukan kenyamanan.

6. Gabungkan akun

Memiliki akun bank gabungan bisa membantu Anda dalam mengatur budget dan pengeluaran. Ini berguna dalan mencoba hemat.

7. Sering-sering berdiskusi tentang target bersama

Dalam membuat rencana menabung, penting untuk berpikir apa target Anda bersama dan untuk apa Anda menabung. Ini akan sangat mempermudah dalam menabung.

8. Atur biaya asuransi

Tagihan asuransi bulanan yang tinggi bisa membuat ATM bocor. Kenyataannya, tahun 2013 lalu 1,7 juta orang mengaku bangkrut akibat hutang biaya medis saja.

9. Jangan pakai kartu kredit

Dalam menabung, anda harus selalu memperhatikan jumlah biaya dalam tabungan Anda. Kartu kredit bisa menjadi penyebab konsekuensi serius dalam finansial.

10. Buat rencana dalam membayar hutang

Jika Anda dan pasangan terlilit hutang, buat rencana bersama untuk memenuhinya. Dengan membayar utang bersama, Anda bisa mempertimbangkan rencana pembayaran untuk mengurangi bunga yang mahal dan bisa secepatnya keluar dari utang.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Ads by google