Solusi atur keuangan supaya tidak boros


Mengatur keuangan memang menjadi satu kegiatan yang agak tricky. Terlihat dan terdengar mudah, tapi begitu dipraktikkan hasilnya tidak jauh berbeda. Namun begitu, bukan berarti anda bisa menyerah begitu saja.

Untuk mengendalikan pengeluaran, cobalah untuk membuat suatu anggaran dengan nilai nominal yang masuk akal dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, cobalah untuk melihat selama bulan-bulan sebelumnya, misalnya kebutuhan belanja bulanan adalah sebesar Rp 500 ribu, maka di bulan-bulan selanjutnya jangan sampai melebihi angka tersebut.

Untuk dikombinasikan dengan anggaran, cobalah untuk mulai mencatat pengeluaran sehari-hari. Dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

Jika anda sudah menggunakan handphone yang bisa terhubung ke internet, maka pencatatannya bisa lebih mudah. Anda tidak perlu lagi membawa buku catatan.

Manfaatkan layanan pencatatan keuangan gratis. Dari pencatatan ini, anda akan tahu pengeluaran mana yang nilai ternyata terlalu besar dan masih bisa dikurangi.

Selain itu, cobalah untuk mulai menetapkan target keuangan yang ingin dicapai di masa depan. Misalkan, anda ingin membeli rumah atau mobil. Dengan adanya target seperti ini, mindset anda tentang mengatur pengeluaran akan menjadi teratur dan terkendali.

Demikian beberapa solusi sederhana, semoga dapat membantu anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ads by google